Berbagai Keuntungan Konsumen Hingga Merchant Transaksi dengan QRIS

Berbagai macam transaksi pembayaran sekarang ini tidak hanya bisa dilakukan secara tunai, melainkan Anda bisa mengandalkan transaksi berbasis non tunai atau transaksi cashless juga, di antaranya adalah dengan memakai kartu debit, kartu kredit sampai dengan melakukan scan kode QR atau yang lebih dikenal sebagai QRIS. Belakangan ini jenis transaksi yang dilakukan dengan memakai QRIS memang semakin populer, apalagi pasca kondisi pandemi Covid-19.

Mungkin banyak diantara Anda yang sudah kenal baik dengan istilah QRIS ini, lalu sebenarnya apakah itu? Bisa dikatakan bahwa QRIS ini merupakan salah satu layanan pembayaran yang dapat dilakukan dengan cara scan barcode saja.

Tentunya untuk masyarakat yang memiliki layanan seperti mobile banking sampai dengan e-wallet nantinya bisa menggunakan cara pembayaran lewat scan kode tersebut dengan praktis, tanpa perlu menggunakan sebuah kartu layaknya transaksi pakai mesin EDC.

Keuntungan Menggunakan QRIS Bagi Konsumen


keuntungan transaksi dengan qris


Layanan transaksi dengan menggunakan QRIS ini pada dasarnya memang bisa digunakan oleh siapa saja, mulai dari konsumen sampai dengan penjual. Bagi konsumen sendiri sebenarnya kehadiran dari QRIS ini menawarkan begitu banyak keuntungan, diantaranya adalah:

Pembayaran menjadi lebih cepat dan kekinian, pembayaran lewat QRIS memang jauh lebih cepat karena hanya berbasis scan saja, berbeda dengan menggunakan sistem pembayaran seperti tunai yang harus menghitung uang dan mengecek keaslian sehingga membutuhkan waktu lama, itulah mengapa jenis pembayaran yang satu ini lebih banyak dipilih masyarakat sekarang.

Tidak perlu lagi repot membawa uang tunai, sekarang ini dengan adanya QRIS maka kemana-mana Anda tidak perlu bawa uang secara tunai, karena bisa tinggal dilakukan scan saja, maka otomatis nantinya pembayaran langsung diproses. Belum lagi fakta bahwa dengan membawa banyak uang tunai, maka resiko mengalami tindak kejahatan juga lebih tinggi.

Membantu transaksi lebih aman, hadirnya layanan pembayaran dengan memakai QRIS ini, faktanya juga memberikan jaminan transaksi yang dilakukan menjadi lebih aman, dibandingkan dengan transaksi secara tunai, karena Anda tidak perlu lagi membawa uang kemana-mana, bahkan resiko mendapatkan uang palsu atau kembalian kurang juga kecil.

Keuntungan Memakai QRIS Bagi Merchant

Selain keuntungan yang nantinya akan dirasakan oleh konsumen, maka bagi merchant yang menerapkan sistem pembayaran menggunakan QRIS ini juga bisa mendapatkan banyak keuntungan, di antaranya adalah:

Meningkatkan penjualan, penjualan Anda berpotensi untuk mengalami peningkatan secara lebih signifikan dengan adanya transaksi dengan QRIS, karena bisa menjangkau lebih banyak calon konsumen, termasuk diantaranya adalah masyarakat yang lebih suka melakukan pembayaran secara digital atau dengan scan kode.

Membantu mempermudah pekerjaan kasir, dengan adanya layanan pembayaran secara digital juga akan mempermudah pekerjaan dari bagian kasir, dimana nantinya mereka lebih hemat waktu dan tenaga, karena tidak perlu lagi memeriksa keaslian dari uang yang digunakan, serta tidak perlu menghitung kembalian, semuanya sudah pas.

Transaksi akan secara langsung tercatat otomatis, QRIS ini juga akan mempermudah pembukuan serta evaluasi dalam keuangan bisnis, dimana setiap transaksi yang dilakukan menggunakan scan QRIS akan masuk secara otomatis serta ada notifikasi realtime yang dapat dicatat, sehingga pekerjaan dalam pembukuan nantinya menjadi jauh lebih mudah dilakukan.

Membantu mengurangi resiko dalam pembayaran, seperti yang masih kerab terjadi belakangan ini adalah peredaran uang palsu. Tentunya dapat dihindari ketika transaksi yang dilakukan tersebut secara digital atau non tunai, sekaligus juga membantu untuk mencegah kesalahan kasir dalam memberikan kembalian kepada konsumen.

Tidak perlu lagi menyediakan uang kembalian, transaksi secara cashless atau digital ini sudah pasti pas jumlahnya, tidak perlu khawatir dalam hal pemberian uang kembalian, sekalipun tidak siap dengan uang kembalian maka tidak perlu khawatir.

Bagi para pelaku bisnis tidak perlu khawatir melakukan transaksi dengan memakai QRIS ini, Anda dapat mengajukan atau melakukan permintaan pembuatan QRIS untuk bisnis, di antaranya adalah lewat merchant BCA. Sudah banyak orang yang bergabung sebagai merchant ini, pastikan Anda juga tidak ketinggalan, karena akan mendapatkan berbagai fitur serta pengalaman baru yang memberikan keuntungan bisnis. (*)

Posting Komentar